Manggis | smp 1 manggis

Manggis | smp 1 manggis

 

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis tanaman  hijau abadi dari daerah tropika yg diyakini berasal drSemenanjung Malaya dan mnybr ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mncp 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ktk matang, meskipun ada pula jenis yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sbg "ratu buah", sbg pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung memiliki aktvts antiinflamasi & antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sbg buah yg memiliki kdr antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokamasam kandis & asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Pohon dan buah

Manggis merupakan sebuah tanaman tropis yg tumbuh  dlm suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untk jangka waktu yang lama, umumnya akan mmbnh tumbuhan dewasa. Hortikulturis yang brpnglmn telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan & membwnya untk dikmbngkan di daerah ekstrem, selatan Florida.

Manggis bersifat apomiksis obligat, bj tidak berasal dari fertilisasi & diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hny satu klon & sifatnya sama dg induknya. Kenyataan di lapang mnjkkn adanya keanekaragaman tumbuhan manggis yang mngkn dsbbkn faktor lngkngn maupun faktor genetik akbt mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan thn. [1]

Buah manggis muda, dimana tidak memerlukan pemupukan untuk tmbh  (lihat agamospermy), pertama kali akan berwarna hijau pucat atau hmpr putih di bwh kanopi. Saat buah mmbsr selama 2 hingga 3 bulan ke dpn, wrn kulitnya akan mnjd hijau gelap. Pd periode ini, prtmbhn ukuran buah dapat mngkt hingga kulitnya berukuran 6–8 cm (2,4-3,1 inchi) dg diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.

Sifat kimia dr permukaan bwh kulit manggis terdiri dr brbg polifenol, trmsk xanthones dan tanin yang mnjm astringent dpt menghambat perhatian serangga, jamur, virus tumbuhan, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah blm matang. Perubahan wrn dan pelunakan kulit mnjd proses alami yang menunjukkan pmtngn buah dapat [dimkn|dimakan} & benih tlh selesai brkmbng.

Penyajian

Manggis disantap dalam keadaan masak dengan membelah dua kulitnya dg hati-hati sehingga bisa dikeluarkan isinya. namun manggis muda brwrn hijau jg dijual dengan rasa lbh kecut namun sklgs jg manis.

 

2019-02-14 23:32:08 * 2019-02-14 15:22:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Manggis | smp 1 manggis adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Manggis | smp 1 manggis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit